ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Politisi ex. Masyumi > Abdul Ghafar Ismail. KH.,

 
 
 
 
 
 
 
 

Abdul Ghafar Ismail. KH.,

 
ABDUL GHAFAR ISMAIL, KH., (1911-1998 M)
 
      Salah seorang aktifis Masyumi, dan ayah dari Taufik Ismail, seorang penyair kondang Indonesia.
      Lahir di Bukit Tinggi pada 11 Agustus 1911 M. Setelah lulus dari sekolah dasar kemudian belajar ke Perguruan Thawalib Parabek, asuhan Syaikh Ibrahim Musa Parabek, salah seorang ulama terkemuka Sumatra barat. Ketika masih santri, ia aktif di kepanduan Al Hilal, dan aktif juga di  PERMI (Persatuan Muslimin Indonesia).
     Ketika Permi diberangus oleh penjajah Belanda, dan banyak pemimpinnya yang ditangkapi Belanda, ia berhasil lolos dan hengkang ke Pekalongan Jawa Tengah. Di Pekalongan, ia mengajar dan menjalin hubungan dengan tokoh-tokoh nasional lainnya. Ia kerapkali ke Bandung mengunjungi Bung Karno dan berdiskusi tentang berbagai masalah. Demikian juga dengan M. Natsir, meskipun kerapkali berbeda pendapat, ia menganggap Natsir sebagai gurunya.
      Aktifitas dan perjuangannya banyak dilakukan lewat pena. Ia pernah memimpin majalah Islam Raja di Solo (1938-1939 M), wakil redaksi harian Sinar Baru di Semarang (1941-1945 M), dan pemimpin redaksi Al Jihad milik partai Masyumi di Yogyakarta (1946-1947 M).

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda